Workshop Penyusunan Soal HOTS

Share it

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, khususnya pada penjaminan mutu penilaian (assessment), maka baru-baru ini SMA Islam Hidayatullah mengadakan workshop penyusunan soal HOTS (High Order Thinking Skills). Dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Februari 2020 di sekolah dan diikuti oleh seluruh guru pengampu mata pelajaran.

Dengan nara sumber Suwarni, S.Pd., sebagai Instruktur Nasional (IN) yang sekaligus pengajar di SMA Islam Hidayatullah menyampaikan materi terkait penulisan soal HOTS, kemudian dilanjutkan penyusunan soal HOTS oleh para guru.

“Di era abad ke-21 ini guru dituntut untuk bisa mengajar dengan inovasi-inovasi yang mengajak siswa berpikir tingkat tinggi. Tidak kalah penting pula kemampuan guru dalam menyusun soal. Oleh karena itu guru perlu terampil menyusun soal yang bagus yaitu soal yang membuat siswa berpikir tingkat tinggi dalam menjawab soal-soal. Maka dari itu, sekolah membekali kerampilan tersebut lewat workshop ini.” Etik Ningsih, S.Pd. sebagai wakil kepala sekolah bidang akademik menuturkan.

Eko Wahyu Diyono, S.Si., M.Pd. menambahkan bahwa menyusun soal adalah sebuah seni. Bagaimana guru menyajikan stimulus yang bermutu untuk mengajak siswa menganalis, mensintesis, dan mengevaluasi. Jenjang proses bepikir pada ranah kognitif inilah yang guru harus pandai-pandai meraciknya sehingga menghasilkan soal yang berkualitas. Dengan skenario pembelajaran dan penilaian (soal) yang HOTS diharapkan para siswa terbiasa berpikir kritis serta kreatif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!