Smaha Sambut Tahun Baru 1444 H

Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah yang dirayakan setiap 1 Muharram menjadi hari penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan Islam sekaligus bulan yang istimewa, seperti diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA: “Seseorang datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya, ‘Setelah Ramadhan, puasa di bulan apa yang lebih afdhal?’ Nabi menjawab, ‘Puasa di bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharram” (HR Ibnu Majah). Hal ini dikarenakan 1 Muharram menandai peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad Salallaahu ‘Alaihi Wasallam dari Mekkah ke Madinah. Tahun ini, 1 Muharram ditetapkan akan jatuh pada 30 Juli 2022.

Untuk merayakan pergantian Tahun Baru 1444 H ini, Rohis SMA Islam Hidayatullah (Smaha) menggelar kajian pada Jum’at (29/7/2022) dengan tema “Refleksi Diri, Refleksi Hati, demi Menggapai Ridho Illahi” dengan pembicara Muhammad Amin, S.Sos.I., (Spiritual & Persenoal Development Trainer). Kegiatan yang diadakan pada hari Jumat (29 Juli 2022) di aula sekolah ini diikuti oleh para guru dan seluruh siswa Smaha.

Muhammad Amin menyampaikan, “Perbaiki isi waktumu maka akan indah masa depanmu”. Beliau bertanya, “Mengapa ada orang yang berhasil dan mengapa ada orang yang gagal padahal mereka memiliki waktu yang sama? Ternyata salah satu sebabnya adalah bagaimana cara kita mengelola waktu, karena hidup adalah waktu dan sukses kita berbanding lurus dengan cara kita mengisi waktu”.

Bu Etik, kepala Smaha mengungkapkan bahwa dengan adanya kajian ini, diharapkan para siswa dapat terus mengingat tahun baru Islam serta sejarah yang ada di baliknya yakni mengenai perjuangan hijrah nabi besar kita, Nabi Muhammad Salallaahu ‘Alaihi Wasallam, dari Mekkah ke Madinah. Selain itu, adanya kajian kali ini juga bertujuan agar para siswa dapat melakukan muhasabbah diri untuk menjadi manusia yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dengan cara mengoptimalkan waktu yang ada. (Talitha) 

error: Content is protected !!