Mari, Kenali Dunia Perekonomian Syariah

Ada yang berbeda pada kegiatan belajar-mengajar hari ini, Kamis (21/7/2022) khususnya di kelas XII IPS SMA Islam Hidayatullah (Smaha). Rupanya para siswa sedang mengikuti pembelajaran ekonomi Islam secara hybrid bersama pemateri dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta dosen dan mahasiswa dari FEB (Fakultas Ekonomika dan Bisnis) UNDIP.

KBM istimewa ini merupakan kerjasama antara Smaha dan KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) yang terkemas dalam acara KSEI Roadshow to School dengan mengangkat tema The Youth dare to Learn Sharia Economics. Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang ini menghadirkan dua nara sumber yakni Bapak Fikri Ausyah, S.S., M. Si. (Kepala Bagian Pengawasan Bank 2.1) dan Bapak Marwini, S. H. I., M. A., M. S. I. (Dosen dan pembina KSEI FEB Undip).

Setelah penyampaian materi, anak-anak pun aktif bertanya. “Apakah ada keterlibatan OJK dalam penentuan bagi hasil yang dilakukan oleh bank syariah?” tanya Hammam Falah Arsalan, siswa kelas XII IPS I kepada pemateri. Selain itu masih banyak pertanyaan yang diajukan oleh para siswa yang lain karena rasa kritis dan penasarannya terhadap fenomena bank syariah di Indonesia. Seperti pertanyaan yang diajukan oleh Jibril Kumara (Kelas XII IPS I). Dia menanyakan tentang adanya kemunculan beberapa bank digital dewasa ini seperti Bank Aladin Syariah yang belum pernah dia lihat kantornya tapi selalu ada papan namanya di beberapa minimarket. Para pemateri pun senang menjawab rasa penasaran anak-anak.

Bapak Marwini selaku pemateri menyampaikan terima kasih dan bangganya kepada para siswa dan berharap kegiatan ini bisa menambah pengetahuan anak-anak tentang dunia perekonomian Islam. Bu Etik, Kepala Smaha juga menuturkan semoga dari kegiatan ini selain menambah ilmu juga menambah wawasan studi lanjut khususnya Program Studi Ekonomi Syariah Undip sebagai salah satu jurusan yang banyak diminati oleh siswa jurusan IPS.

error: Content is protected !!