Training Motivasi Belajar, Charge Semangat Belajar Siswa

Bunda Ririn membagikan kisah inspiratif beliau dalam perjalanan menuju titik kesuksesan.

Dalam melaksanakan kegiatan rutin harian seperti belajar, tak jarang siswa merasa jenuh atau bosan. Untuk mengatasi hal tersebut, SMA Islam Hidayatullah Semarang menggandeng lembaga psikologi Cahaya Hati mengadakan Training Motivasi Belajar. 

Siswa menyimak penjelasan dari Bunda Ririn.

Kegiatan motivasi belajar ini dilaksanakan pada Selasa, 17 Januari 2023 di aula dan diikuti siswa kelas X-XII. Ibu Nurina, S.PSI., M.PSI., CHA, CGA., atau yang akrab disapa Bunda Ririn hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Beliau membuka kegiatan dengan membagikan cerita inspiratif terkait perjalanan beliau dalam mencapai titik kesuksesan saat ini.

Bunda Ririn menjelaskan ciri-ciri orang cerdas, antara lain memiliki komitmen, disiplin, bisa mendeskripsikan isi otak dengan baik, mau berbagi serta  memiliki problem solving yang tepat.

“Belajar tidak hanya menyerap ilmu, tapi juga perlu ada perubahan. Proses belajar itu tidaklah mudah. Siklus belajar dari jenjang SD-SMA memanglah terasa lama. Saat sudah berada di perguruan tinggi, siklus dan cara belajar akan lebih terasa leluasa. Tidak semua diatur oleh pendidik maupun waktu. Namun, jika seseorang tidak memiliki ciri-ciri orang yang cerdas tadi, maka ia akan terlena dengan keleluasaan itu. Pada akhirnya akan kesulitan mencapai kesuksesan”, tutur Bunda Ririn. 

Selain menjelaskan tentang ciri orang yang cerdas, Bunda Ririn juga menjelaskan tentang gaya dan strategi belajar. “Membaca, membuat akronim/analogi, diskusi, merangkum, dan praktik merupakan beberapa strategi belajar yang dapat diterapkan”, tambah Bunda Ririn.

Kegiatan diakhiri dengan menyanyikan lagu Semangat Baru (Ello) bersama. Harapannya dengan menyanyikan lagu yang berlirik positif tersebut dapat memberikan dampak yang positif juga.

error: Content is protected !!