Smaha 1st Day School

Selasa, 12/7/2022, saat matahari mulai meninggi, suasana di Smaha (SMA Islam Hidayatullah) tampak ramai sekali. Ya, pagi ini adalah hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran 2022/2023. Pengurus OSIS sibuk mempersiapkan diri dan aneka sarana untuk pelaksanaan upacara bendera dan pembukaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi siswa baru. Tampak beberapa bapak ibu guru dengan senyum ceria siap menyambut kedatangan para siswa di depan sekolah. Security pun tidak kalah gesitnya mengatur lalulintas karena memang super padat. Para siswa serta orang tua yang mengantar putra-putrinya juga semangat menyambut awal masuk sekolah.

Ibu Etik Ningsih, S. Pd., Kepala Smaha tengah memberikan amanat sebagai pembina upacara.

Kegiatan pagi di awali dengan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, dan XII serta bapak dan ibu guru, staf/karyawan. Upacara kali ini memang spesial, karena sudah dua tahun Smaha tidak menyelenggarakan upacara bendera karena pandemi. Di sela amanat pembina upacara, Ibu Etik, Kepala Smaha juga membuka MPLS dengan melepaskan balon. “Balon ini akan terbang tinggi, setinggi cita-cita kalian. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala memudahkan kalian mewujudkannya, Amiiin” ucap beliau.

Para peserta MPLS antusias mengikuti kegiatan yang dipandu oleh pengurus OSIS.

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan peringatan hari raya Idul Adha untuk siswa kelas XI dan XII, serta MPLS hari pertama untuk kelas X. MPLS dihandle oleh OSIS sedangkan peringatan hari raya Idul Adha dihandle oleh Rohis, keduanya berjalan dengan lancar dan sukses. Banyak acara unik dan menyenangkan mewarnai MPLS sehingga para siswa baru senang mengikutinya. Demikian pula ada hal menarik saat kegiatan peringatan Idul Adha, yakni drama singkat tentang kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS saat terjadinya momentum suci pelaksanaan qurban. Drama yang diperankan oleh para pengurus Rohis ini selain penuh hikmah, juga menghibur para audien. “Wah, seru sih dramanya. Sip Rohis” kata Reza, siswa kelas XII IPS 1.

Pengurus Rohis sedang memerankan drama singkat penuh hikmah dan sekaligus menghibur.

Kegiatan terakhir adalah pembinaan wali kelas untuk kelas XI dan XII yang berlangsung di kelas masing-masing. Sedangkan kelas X tetap melanjutkan MPLS. Sesi pembinaan wali kelas ini bertujuan untuk memberikan penguatan karakter kepada siswa. Dalam hal ini banyak ragam tema yang sengaja dipilih oleh tim kesiswaan. Bu Wied selaku Waka Kesiswaan menuturkan, “Penguatan karakter siswa harus kontinyu dilakukan karena pembentukan karakter hakikatnya adalah pembiasaan”. Tema-tema yang nanti akan disampaikan kepada siswa antara lain penguatan karakter Budaya Islami (Bushi), anti perundungan, anti pergaulan bebas dan Napza (Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya), tahsin dan simulasi ibadah, serta penguatan BLP (Building Learning Power). “Dengan konsep dan pemahaman siswa yang kuat serta keteladanan bapak ibu guru & staf Smaha, kami yakin para siswa akan terbiasa dan akhirnya memiliki budaya karakter islami yang sejurus dengan karakter profil pelajar Pancasila” imbuhnya.

#Smaha1stdaySchool

error: Content is protected !!