Peringatan Hari Gizi Nasional ke-62 “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”

Hari Gizi Nasional diperingati setiap tanggal 25 Januari. Peringatan ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan kepedulian bersama guna menerapkan hidup sehat melalui gizi seimbang. Peringatan Hari Gizi Nasional yang ke-62 tahun ini mengambil tema “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”

PMR SMA Islam Hidayatullah juga tidak mau ketinggalan untuk memperingati Hari Gizi Nasional. Dalam rangka peringatan tersebut, PMR SMAHA bekerja sama dengan pihak Puskesmas Padangsari untuk mengadakan penyuluhan mengenai upaya pencegahan stunting dan obesitas. Penyuluhan tersebut diadakan bertepatan dengan Hari Gizi Nasional yakni pada hari Selasa, 25 Januari 2022 secara tatap muka di ruang meeting SMA Islam Hidayatullah dan dihadiri oleh anggota PMR SMAHA serta beberapa guru.

Dalam acara yang berlangsung kurang lebih selama 3 jam tersebut, Kak Rahma dan Kak Siti Fatimah selaku pembicara dari Puskesmas Padangsari menyampaikan beberapa materi terkait pengertian stunting dan obesitas, apa penyebabnya, apa dampaknya, bagaimana cara pencegahannya, dan masih banyak lagi. Selain menyampaikan materi, Kak Siti Fatimah dan Kak Rahma juga mempraktikkan bagaimana caranya mengukur tinggi badan dan lingkar lengan atas guna menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) kita.

Pada akhir acara, Kak Siti Fatimah dan Kak Rahma membagikan tablet tambah darah untuk siswi perempuan. Pemberian tablet tambah darah tersebut dimaksudkan untuk mencegah anemia yang ternyata termasuk salah satu penyebab terjadinya stunting pada bayi. Setelah sesi meminum obat tambah darah bersama, acara diakhiri dengan sesi foto bersama

“Kegiatan penyuluhan kemarin sangat amat berguna, mengingat banyak yang kurang mengetahui akibat atau penyebab dari stunting serta bagaimana cara mengatasi stunting dan obesitas. Kegiatan tersebut dapat membuat kita paham akan pentingnya menyeimbangkan gizi makanan” ujar Resty, wakil ketua PMR.

Penulis: Talitha Artanty (XI IPS 2)-Humas PMR SMAHA

error: Content is protected !!