Remaja adalah fase transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa yang ditandai dengan perubahan fisik, emosional, sosial, dan psikologis. Menurut WHO, masa remaja biasanya dimulai dari usia 10-19 tahun. Pada masa ini remaja menghadapi berbagai tantangan dalam mencari identitas, memahami perubahan tubuh, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan terhadap remaja, SMAHA mengadakan pelatihan bertajuk Service Excellent Training dengan fokus pada tugas perkembangan remaja. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru SMAHA di ruang meeting dari pukul 13.00-15.00 WIB.
Ibu Nurina, S.Psi., M.Psi., Psikolog, CHA, CGA., psikolog Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah sekaligus narasumber pada kegiatan ini menyampaikan bahwa pendidik siswa SMA harus mampu memantau dan membantu tugas perkembangan remaja siswa SMA. “Kebutuhan dasar anak adalah kasih sayang, penghormatan, dan perhatian. Karena Bapak Ibu sekalian menghadapi siswa/siswi SMA yang sedang berada di fase remaja, maka Bapak Ibu guru harus dapat menjadi sahabat “dewasa” mereka. Pantau saja, apabila langkah yang mereka ambil terlalu cepat, maka tugas bapak ibu adalah menarik mereka kembali ke tugas perkembangannya”, tambah Bu Ririn.
Bu Ririn juga menjelaskan dengan detail tugas perkembangan remaja antara lain mulai banyak bersosialisasi dengan lawan jenis, mengaharapkan dan mencapai perilaku sosial yang bertanggung jawab, mempersiapkan karir ekonomi, dan lain sebagainya.
Pada penghujung kegiatan, Bu Ririn mengajak peserta pelatihan untuk sharing berbagai masalah yang dihadapi siswa/siswi dan langkah tepat dalam menanganinya.