Ajak Siswa Mengenali Profesi, SMAHA Adakan Kegiatan Orang Tua Mengajar

Keberhasilan suatu pendidikan di sekolah hendaknya tidak dilihat semata ukuran nilai saja. Karena itulah, siswa sebaiknya diberi kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang “tidak biasanya”. SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) terus berupaya untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman terbaik bagi siswa dalam belajar akademik maupun nonakademik, salah satunya yaitu mengadakan kegiatan Orang Tua Mengajar. 

Kamis, 23 November 2023 SMAHA kembali mengadakan kegiatan Orang Tua Mengajar untuk siswa Kelas XI dan XII. Di awal bulan lalu, kegiatan serupa juga telah dilaksanakan di kelas X. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Guru pada 25 November esok. Jadi, orang tua siswa diberikan kesempatan untuk menjadi guru di kelas. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada siswa tentang dunia profesi. 

dr. Raditya menjelaskan materi pencegahan HIV/AIDS.

Eni Karyani, S.E (Polri Akpol), Indri Kusumawati, S.T. Ars (Area Manager & Marketing PT. OOCL Logistic Indonesia), Wijaya Arief W, S.E (Pengusaha), Ifni Khusnul Chotimah, S.E., Ak (Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jateng), dr. Raditya Kusuma Putra (dokter RS Bhayangkara), Nurita Widianti, S.Psi., M.Psi (dosen Polimarin), Ida Wahyuni, S.KM., M.Kes (dosen FKM UNDIP), dan Devina Nita Uliah (pengusaha cafe dan percetakan) hadir menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Beliau-beliau mengajar di kelas sesuai dengan kelas putra/putrinya masing-masing. Banyak sekali ilmu yang disampaikan narasumber hebat ini. Ada yang menyampaikan tentang upaya pencegahan HIV/AIDS, laporan keuangan, ekspor-impor, keselamatan kerja, dan masih banyak lagi.

“Kegiatan Orang Tua Mengajar merupakan salah satu upaya untuk membuat pendidikan yang menyenangkan dan bersahabat dengan keluarga. Sekolah melibatkan orang tua untuk menjadi guru di kelas”, tutur koordinator kegiatan Orang Tua Mengajar, Dwi Saputro, S.Pd.

Salah satu narasumber yaitu Ida Wahyuni, S.KM., M.Kes.  sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Kegiatan ini sangatlah bagus. Melibatkan orang tua secara langsung pada pembelajaran di dalam kelas memberikan pengalaman baru kepada saya. Alhamdulillah di kelas siswa juga sangat aktif”.

Rakha Rindra mendapatkan hadiah dari narasumber.

Siswa pun sangat antusias dalam kegiatan ini. Rasa ingin tahu mereka sangatlah tinggi. Banyak hal yang mereka tanyakan kepada narasumber. Di akhir kegiatan, narasumber membagikan hadiah kepada siswa.