SMAHA: Serunya Class Tour bersama Siswa SMPN 12 Semarang

“Tak kenal maka ta’aruf”. Ungkapan unik tersebut benar adanya. Di dalam agama Islam ta’aruf sangat dianjurkan, karena kita bisa mengenal lebih dekat terhadap sesuatu hal dengan cara yang baik.

SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) memiliki program rutin tahunan yang dinamakan Class Tour. Kegiatan tersebut diselenggarakan sekolah untuk mengenalkan SMAHA dan program Digital Class kepada siswa di beberapa SMP negeri maupun swasta. Kali ini, SMAHA menggandeng siswa SMPN 12 Semarang untuk bergabung dalam class tour ini.

Miss Agita memberikan penjelasan terkait digital class kepada peserta Class Tour.

Kamis, 21 September 2023 sebanyak 20 siswa SMPN 12 Semarang mengikuti Class Tour SMAHA. Mereka merupakan perwakilan yang ditunjuk oleh sekolah untuk mengikuti pembelajaran digital di SMAHA. 

Siswa Class Tour mempelajari anatomi katak secara digital.

Kegiatan diawali dengan pembukaan, perkenalan, presensi menggunakan qr-code, mengeksplorasi web SMAHA, serta pembelajaran digital menggunakan iPad. Siswa diajak untuk mengeksplorasi lebih dalam mengenai fitur-fitur yang menunjang edukasi dan kreativitas siswa. Seperti aplikasi Jigspace, di dalamnya terdapat fitur Augmented Relaity (AR) yang bisa memudahkan siswa untuk melihat objek secara semi nyata. Applikasi Froggipedia, yang di dalamnya siswa bisa belajar anatomi katak dan tahu informasi seputar katak. Tidak hanya belajar melalui aplikasi, dalam class tour ini siswa diajarkan eksperimen fisika dan mempraktikannya secara langsung dengan materi mengukur titik berat, lup (kaca pembesar), plastisin mengapung, melawan gravitasi, listrik, dan polarisasi cahaya. Di akhir, siswa mengikuti kuis melalui applikasi Kahoot.

Kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., menuturkan “Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan anak-anak merasa senang serta tertarik dengan materi yang disampaikan. Semoga kegiatan ini bisa memberi manfaat bagi peserta Class Tour untuk dapat semakin mengenal SMAHA dengan baik dalam segi fasilitas, pembiasaan keseharian, tentang pembelajaran digital class di SMAHA.”

“IPad Class Tour ini menyenangkan seru. Banyak hal baru yang saya temui melalui kegiatan ini. Guru-gurunya seru, lingkungan di SMAHA juga mendukung”, tutur Emir Luqman, salah satu peserta Class Tour.

error: Content is protected !!