Temukan Tips dan Trik Menulis: Siswa SMAHA Ikuti Pelatihan Jurnalistik 

Peserta kegiatan melakukan foto bersama tim LKBN ANTARA.

Rabu 7 Desember 2022, siswa SMAHA mengikuti pelatihan jurnalistik. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara SMAHA dengan  LKBN (Lembaga Kantor Berita Nasional) ANTARA Jawa Tengah. Kegiatan yang mengusung tema “Literasi Untuk Negeri”, ini dilaksanakan di ruang meeting SMAHA.

PP Humas SMAHA, Ibu Nunung Kusumawati, S.S., menyampaikan sambutan.

PP Humas SMAHA, Ibu Nunung Kusumawati, S.S., menyampaikan jika acara ini memiliki banyak manfaat untuk siswa. “Wahyu yang pertama Rasul terima adalah surat Al-Alaq, yang mana pada ayat pertama berbunyi “iqro” atau “bacalah”. Dari surat itu kita bisa menyimpulkan jika Allah meminta kita belajar membaca apa pun yang bermanfaat”., tambah Bu Nunung saat menyampaikan sambutan.

Kegiatan ini terbagi dari tiga sesi. Sesi pertama yaitu materi menulis yang disampaikan oleh Ibu Nur Istibsaroh. Kemudian dilanjutkan sesi kedua yaitu materi foto yang disampaikan oleh Bapak Aji Setiawan. Serta materi ketiga yaitu video yang disampaikan oleh Bapak Surya Wicaksono.

Peserta kegiatan diajarkan tentang bagaimana menulis berita yang baik, memilih judul yang menarik, pengambilan gambar serta video yang dilampirkan dalam berita. Banyak juga tips dan trik yang disampaikan pemateri terkait menulis dalam kegiatan ini.

Para siswa SMAHA terlihat sangat antusias dalam kegiatan ini. Mereka aktif bertanya kepada pemateri. Salah satunya yaitu Haritz XII IPS 1 yang menanyakan apakah ada kode etik  pengambilan foto dalam dunia jurnalistik. Kemudian pertanyaan tersebut dijawab oleh Bapak Aji jika dalam dunia jurnalistik salah satu kode etik pengambilan gambar yaitu tidak boleh mengurangi/menambah sesuatu di objek gambar, serta tidak boleh memanipulasi lokasi peristiwa. 

error: Content is protected !!