SMAHA: Ajarkan Siswa Berdemokrasi melalui Pemilos

Siswa memberikan suara pilihan melalui bilik suara.

Sesuai yang dijelaskan dalam UUD 1945, Indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi. Dimana sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Untuk menumbuhkan kesadaran demokrasi yang memadai dari rakyat termasuk pelajar, diperlukan adanya pendidikan demokrasi di sekolah. 

Dalam ramgka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, OSIS SMAHA mengadakan Pemilos (pemilihan OSIS) dengan sistem pemungutan suara. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, 2 November 2022 ini dilaksanakan di aula  dan diikuti oleh seluruh warga SMAHA.

Pemilos diawali dengan opening ceremony, yang diisi sambutan kepala SMAHA. Kemudian sambutan oleh ketua OSIS masa bakti 2020-2021. Penampilan pensi dari siswa SMAHA. Dilanjutkan orasi dan penyampaian visi misi oleh ketiga paslon OSIS, debat kandidat, tanya jawab oleh guru dan siswa, pemungutan suara, penghitungan suara, serta closing ceremony. 

“Terima kasih kepada pengurus OSIS masa bakti 2021/2022 yang sudah banyak berkontribusi untuk sekolah. Selamat mengemban amanah baru untuk pengurus OSIS masa bakti 2022/2023. Untuk para siswa SMAHA, kegiatan ini merupakan wadah untuk berlatih demokrasi, jadi gunakan hak pilih kalian dengan baik. Laksanakan pemilos dengan luber jurdil. Sekolah mengharapkan kepengurusan OSIS yang akan datang bisa menjadi lebih baik lagi”, tutur kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., saat menyampaikan sambutannya.

Orasi dari paslon OSIS SMAHA masa bakti 2022/2023.

Kegiatan ini berjalan lancar serta didukung oleh antusias peserta yang baik. Ketiga paslon saling mengunggulkan visi misinya serta saling beradu argumen melalui debat yang dipandu oleh moderator. Selain itu, para peserta baik siswa maupun guru melontarkan pertanyaan kepada ketiga paslon OSIS tersebut.

Setelah ketiga paslon OSIS selesai berdebat dan menjawab pertanyaan dari siswa maupun guru, tibalah ke acara inti yaitu pemungutan suara.  Setiap siswa maupun guru diberi kesempatan untuk memilih ketua OSIS. Pembina OSIS dan panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIS memastikan proses demokrasi di sekolah melalui pemilu ketua OSIS dilakukan secara Luber Jurdil (Langsung, Bersih, Rahasia, Jujur dan Adil). 

Hasil perolehan penghitungan suara pemilihan ketua OSIS disampaikan oleh anggota OSIS masa bakti 2022-2023. Selamat kepada Nesya-Hasan, paslon nomor 3 yang terpilih sebagai ketua dan wakil OSIS masa bakti 2022-2023. Semoga bisa mengemban amanah dengan baik serta bisa menjadikan SMAHA lebih maju lagi. 

error: Content is protected !!