WORKSHOP STANDAR PENILAIAN ANALISIS BUTIR SOAL

Share it
Pemaparan materi latar belakang analisis butir soal.

Untuk meningkatkan kompetensi pendidik, SMA Islam Hidayatullah selalu mengadakan pelatihan rutin. Pelatihan tersebut seperti pelatihan IPad, pelatihan pembuatan soal, pelatihan media pembelajaran, dan lain sebagainya. Pada Sabtu, 26 September 2020 pelatihan yang diadakan yaitu “Workshop Analisis Butir Soal”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperbaiki standar penilaian rapor.

Workshop ini dilakukan secara virtual melalui zoom meeting dan diikuti oleh seluruh guru mapel SMA Islam Hidayatullah. Kegiatan ini diawali dengan doa. Kemudian paparan materi oleh Etik Ningsih, S.Pd., kepala SMA Islam Hidayatullah. Dilanjutkan paparan materi oleh Dra. Anni Prabandari, M.Pd., pengawas SMA Kota Semarang. 

Banyak sekali informasi yang disampaikan oleh Ibu Etik dan Ibu Ani. Antara lain ialah latar belakang adanya analisis butir soal, alur prosedur kerja analisis butir soal, kartu telaah soal, dan apa yang harus disiapkan oleh guru mapel untuk menganalisis butir soal.

“Melalui workshop ini, saya menjadi tahu langkah analisis butir soal, aspek dalam analisis butir soal, dan apa yang harus guru siapkan untuk menganalisis butir soal.”, tutur Annisa, guru mapel Bahasa Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!