SMAHA Siapkan Siswa Masuk PTN

Share it
Sosialisasi kegiatan kurikulum dan kesiswaan yang disampaikan oleh Bapak Taufik Nur H, S.Pd., dan Ibu Sri Widayati, S.Pd.

SMA Islam Hidayatullah mengadakan Pertemuan Guru dan Orang Tua/Wali (PGOTW) murid kelas XII secara daring. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan di SMA Islam Hidayatullah (SMAHA). 

PGOTW yang dilaksanakan pada Sabtu, 16 Januari 2021 ini merupakan sebagai bentuk silaturahmi di awal semster genap sekaligus penyampaian beberapa informasi mengenai seleksi perguruan tinggi. Meski diadakan secara virtual melalui zoom meeting, namun antusias para orang tua/wali murid sangat baik. 

Sambutan kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd.

Di awal acara, kegiatan dibuka dengan lantunan ayat suci Al quran yang dibacakan oleh ananda Abdul Hakim siswa kelas XII MIPA 1. Kemudian, dilanjutkan sambutan oleh kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd. “Terima kasih bapak/ibu orang tua/wali murid kelas XII MIPA dan XII IPS yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan PGOTW ini. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Dikarenakan pandemi covid 19 belum berakhir, maka pembelajaran di semester genap ini masih diadakan secara daring. Kami mohon dukungan dan bantuan dari bapak/ibu sekalian agar kegiatan pembelajaran bisa berjalan dengan lancar. Tidak terasa anak-anak sudah hampir menyelesaikan pembelajaran di bangku SMA. Maka dari itu ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan. Agenda kelas XII yang terdekat adalah seleksi masuk perguruan tinggi, lebih jelasnya akan disampaikan oleh guru BK SMAHA, yaitu ibu Septilio Zahra N A, S.Psi. Untuk sosialisasi program kurikulum dan kesiswaan akan disampaikan oleh Bapak Taufik Nur Hidayat, S.Pd., dan Ibu Sri Widayati, S.Pd.,” tutur beliau.

Pak Taufik menyampaikan program kurikulum untuk kelas XII di semester genap ini, antara lain try out, bimbel, ujian praktik, ujian sekolah, pendampingan mendaftar masuk perguruan tinggi, pengumuman kelulusan, dan penyelesaian administrasi sekolah. Beliau berharap semoga para siswa bisa melanjutkan studi sesuai dengan keinginan mereka. 

Untuk program kesiswaan, Bu Wid menyampaikan beberapa program antara lain penguatan karakter siswa melalui BLP, pantauan kehadiran, pantauan literasi; program HBE (High Best Education) yang meliputi penyediaan informasi perguruan tinggi negeri, pemberian motivasi pembelajaran selama PJJ oleh psikolog sekolah, sosialisasi masuk perguruan tinggi, pendampingan pembuatan akun LTMPT, pendampingan pendaftaran masuk perguruan tinggi, konsultasi pendaftaran perguruan tinggi bersama guru BK, dan motivation training.

Sosialisasi masuk perguruan tinggi yang disampaikan oleh Bu Septilio Zahra Nisa Aji, S.Psi.

Pada acara inti diisi dengan talkshow sosialisasi masuk perguruan tinggi yang disampaikan oleh Bu Septi. Beliau menyampaikan banyak sekali informasi mengenai cara pendaftaran perguruan tinggi seperti kuota SNMPTN (20%), kuota SBMPTN (40%), kuota Ujian Mandiri (30%), tahapan pendaftaran SNMPTN, jadwal kegiatan SNMPTN, UTBK, materi UTBK, jadwal pelaksanaan UTBK, biaya UTBK, dan ketentuan SBMPTN. “Untuk tahap selanjutnya mohon bapak/ibu bisa memastikan putra/putrinya sudah registrasi akun LTMPT, berkoordinasi dengan putra/putrinya akan melanjutkan studi di mana dan mengambil jurusan apa, serta bisa mengecek jurnal peminatan tahun lalu di laman universitas yang diinginkan”, tambah Bu Septi.

Kegiatan ini ditutup dengan tanya jawab dengan orang tua/wali murid mengenai materi yang telah disampaikan. Sekolah berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membantu orang tua dan siswa dalam memilih studi lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!