SMAHA Hajj Moment Virtual

Share it

Guna memberikan pemahaman rukun Islam sejak remaja, SMA Islam Hidayatullah menggelar manasik haji kepada siswa-siswi kelas X. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.  Kegiatan manasik haji ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan untuk menyambut hari raya Idul Adha.

Di tahun-tahun sebelumnya, manasik haji dilaksanakan secara langsung di Firdaus Fatimah Zahra. Di tempat tersebut, banyak replika yang disuguhkan mulai dari tiruan bandara, Masjidil Haram, Ka’bah, Masjid Nabawi, Jabal Rahmah, dan lainnya. Sehingga para siswa melaksanakan kegiatan manasik haji seperti sungguhan di Mekkah.

 Di era pandemi seperti ini kegiatan manasik haji dilaksanakan secara virtual pada Sabtu, 1 Agustus 2020 melalui chanel youtube SMA Islam Hidayatullah. Mengusung tema “Smaha Hajj Moment Virtual”, para siswa-siswi menyaksikan rekaman kegiatan manasik haji tahun lalu.  Rekaman kegiatan manasik haji tersebut berisi rangkaian simulasi pelakasanaan ibadah haji seperti aslinya. Dimulai dari membaca niat haji, wuquf, lempar jumroh, dan mengelilingi ka’bah.

Tujuan kegiatan Smaha Hajj Moment Virtual ini yaitu agar para siswa kelas X dapat  memahami dan mengetahui rangkaian ibadah manasik haji. Meski dilaksanakan secara virtual, para siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Hal tersebut dapat dilihat dari komentar-komentar positif yang ditulis para siswa di kolom komentar kanal youtube SMA Islam Hidayatullah.

“Alhamdulillah dengan melihat video ini saya mejadi paham dan mengetahui tata cara dalam melaksanakan ibadah haji. ”, komentar Farah Fauzia siswa kelas X IPS2.

“Masya Allah luar biasa orang yang berhaji, terima kasih sudah memberikan petunjuk gambaran bagaimana tata cara melakukan ibadah haji. Semoga pandemi ini segera berakhir dan umat islam bisa melaksanakan ibadah haji lagi.”, tulis Rossa Queena siswi kelas X MIPA 2.

Kepala SMA Islam Hidayatullah, Etik Ningsih S,Pd juga menuliskan komentar, “Semoga kita bisa lebih memaknai Idul Adha di masa pandemi seperti sekarang ini dan semoga melalui video manasik haji ini bisa meningkatkan keimanan serta ghiroh keislaman kita.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!