SMAHA Gelar Wisuda Akhirussanah Ankgatan XX

Share it
Pelaksanaan akhirussanah SMAHA angkatan XX yang digelar secara daring dan luring.

Akhirussanah atau yang biasa dikenal wisuda merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada siswa yang telah menyelesaikan pendidikannya dengan baik. Meski masih dalam kondisi pandemi covid-19, hal tersebut tidak menyurutkan ide dan kreativitas para guru SMAHA untuk menggelar akhirussanah angkatan XX. Kegiatan ini digelar pada hari Sabtu, 5 Juni 2021 dengan mengangkat tema “Ambeg Utomo, Andhap Asor”. Meskipun momen bahagia ini dilaksanakan secara daring dan luring (via zoom meeting dan youtube SMAHA), namun kebahagiaan tetap terpancar dari wajah siswa dan para orang tua. Tak lupa para peserta kegiatan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan akhirussanah ini diawali dengan khataman Qur’an bersama. Para peserta kegiatan mengikuti khataman dengan khusyuk. Kebahagiaan semakin terasa ketika pemutaran video “Exosation”, sebutan angkatan mereka. Video tersebut mengingatkan memori berbagai kegiatan selama belajar di SMAHA, mulai dari MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) hingga saat menjelang ujian.

Ketua Yayasan Abul Yatama, Bapak Umar Toha M.B.A., menyampaikan sambutannya.

Ketua Yayasan Abul Yatama, Bapak Umar Toha M.B.A., mengucapkan selamat kepada para wisudawan angkatan XX yang telah menyelesaikan pendidikan di SMAHA dengan baik. Beliau juga memberikan pesan kepada para wisudawan agar selalu tawadhu dan selalu mengingat bahwa prestasi yang didapatkan itu karena doa orang tua dan ridho Allah Subhanahu Wata’ala. Begitupula kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., juga memberikan motivasi kepada para wisudawan untuk tetap melanjutkan kebiasaan baik yang sudah ditanamkan di sekolah selama ini.

Persembahan tari Gebyar SMAHA dan akustik dari para siswa/siswi.

Disela-sela sambutan, para siswa SMAHA memberikan persembahan berupa tari Gebyar SMAHA yang dibawakan oleh perwakilan siswa kelas X dan XI, serta penampilan akustik yang dibawakan oleh perwakilan kelas XII. Seluruh peserta kegiatan tampak menikmati acara tersebut.

Sambutan perwakilan siswa dan perwakilan orang tua melengkapi acara wisuda. Paugeran Neo (XII IPS 1) mengungkapkan rasa terima kasih kepada bapak/ibu guru yang telah membimbing mereka selama ini. Bapak Sudarno Agung, mewakili orang tua/wali murid juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan bapak/ibu guru kepada para siswa, serta karyawan yang telah memberikan pelayanan yang baik. Beliau berharap agar SMAHA semakin maju untuk mencetak generasi yang gemilang. 

Pemberian penghargaan kepada siswa/siswi yang berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Waka kesiswaan bidang kurikulum, Bapak Taufik Nur Hidayat S.Pd., mengumumkan penghargaan bidang akademik yang telah diperoleh siswa. Penghargaan bidang akademik, setiap program studi diambil tiga besar peringkat paralel. Untuk program studi MIPA, Azka Dewi (XII MIPA 2-peringkat 1), Ivaldy Azzahra Ananta (XII MIPA 1-peringkat 2), dan Breidiya G (XII MIPA 1-peringkat 3). Sedangkan untuk program studi IPS, Muhammad Roihan (XII IPS 1-peringkat 1), Widya Permana (XII IPS 1- peringkat 2), dan Zulfatul Jannah (XII IPS 2- peringkat 3). 

Tak lupa penghargaan juga diberikan kepada siswa yang berhasil di  bidang non-akademik, yaitu Abdul Hakim (XII MIPA 1-juara MHQ 5 juz tingkat Kec. Banyumanik, juara 2 MHQ 5 juz tingkat Jateng-DIY, Juara 3 Bahasa Arab tingkat Kota Semarang), Humayra Najla (XII IPS 2- juara 3 Speeling Bee tingkat Kota Semarang), Widya Permana (XII IPS 1- Juara 1 Ecoly tingkat Kota Semarang), Barzani Kemal (XII IPS 1- juara 1 Taekwondo Open International Camp, Juara 1 Taekwondo Popda tingkat Kota Semarang). Sedangkan untuk siswa yang mendapatkan penghargaan predikat akhlaq terpuji diperoleh Abdul Hakim (XII MIPA 1) dan Aisya Nabila (XII MIPA 2). 

Suasana akhirussanah pecah saat perwakilan wisudawan yang hadir di sekolah memberikan surprise kepada bapak/ibu guru dengan membacakan puisi dan memberikan bunga, sebagai rasa terima kasih. 

Acara dilanjutkan dengan pelantikan wisudawan yang dilaksanakan oleh Ibu Etik Ningsih, S.Pd., (kepala SMAHA), bapak Suprapto Haris, S.Ag.,  (direktur LPI Hidayatullah), dan bapak Umar Toha, M.B.A., (ketua yayasan Abul Yatama) beserta perwakilan wisudawan yang hadir di sekolah. Pelantikan berlangsung secara khidmat, begitu pula para wisudawan yang mengikuti wisuda secara daring melaksanakan prosesi pelantikan bersama orang tua di rumah masing-masing.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan membaca doa kafaratul majlis. Semoga angkatan XX ini bisa menggapai asa dan cita yang diinginkan. Sukses selalu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!