SMAHA Gelar Talkshow: Memaknai Idul Adha dengan Sabar dan Tawakal

Share it

Pandemi covid-19 yang melanda bumi kita belum berakhir. Namun, sebagai muslim yang ta’at kepada Allah, kita harus menyikapi musibah tersebut dengan bijak. Kita harus selalu sabar dan tawakal seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim Alaihisalam dan Nabi Ismail Alaihisalam dalam peristiwa yang dinamakan Idul Adha. 

Kamis 22 Juli 2021, SMA Islam Hidayatullah memperingati hari raya Idul Adha secara virtual melalui zoom meeting. Talkshow yang mengangkat tema “Meneladani Sang Khalilullah, Sabar dan Tawakal dalam Ujian” tersebut digawangi oleh ROHIS SMAHA. Seluruh siswa, guru, dan karyawan mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., menyampaikan sambutannya

“Idul Adha berlatar belakang dari kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Dimana Nabi Ibrahim AS bermimpi untuk menyembelih Nabi Ismail AS. Karena keimanannya kepada Allah tinggi, maka Nabi Ibrahim Alaihisalam dan Nabi Ismail Alaihisalam melakukan hal tersebut. Akan tetapi, Allah mengganti Nabi Ismail Alaihisalam dengan hewan qurban. Kesabaran dari nabi ini memberikan hikmah kepada kita bahwa Allah maha sempurna dan menyayangi umatnya yang selalu sabar dan tawakal”, tutur kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd.

Para narasumber menyampaikan materi mengenai sabar dan tawakal

Kegiatan talkshow ini dimoderatori oleh Bapak Nur Huda, S.Pd.I dengan narasumber satu Muhammad Fakhri (XII MIPA 1) dan narasumber dua Nabila Hilma (XII MIPA 2). Fakhri mengajak seluruh peserta kegiatan untuk selalu tawakal kepada Allah. Contohnya seperti saat menghadapi musibah covid ini. Menurut Fakhri, dengan selalu tawakal kepada Allah  Subhanahu Wa Ta’ala maka hati kita akan tetap tenang dan tidak takut. Karena apapun yang terjadi adalah atas kehendak Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Nabila juga mengajak seluruh peserta kegiatan untuk selalu sabar. Karena akan menjauhkan kita  dari perbuatan buruk, agar kita tetap melakukan kebaikan.

Pemutaran film yang berisikan kisah Nabi Ibrahim Alaihisalam dan Nabi Ismail Alaihisalam pada saat peristiwa Idul Adha. 

Kegiatan ini ditutup dengan pemutaran film pendek yang berisikan kisah Nabi Ibrahim Alaihisalam dan Nabi Ismail Alaihisalam pada saat peristiwa Idul Adha. 

Alhamdulillah setelah mengikuti talkshow ini saya menjadi lebih tahu mengenai makna dari hari raya Idul Adha, yaitu bentuk ketaqwaan kita kepada  Allah Subhanahu Wa Ta’ala”, tutur Azell Pangestu (XI IPS 1).

Semoga melalui talkshow ini bisa menambah ketaqwaan dan kesabaran seluruh warga SMAHA.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!