SMAHA Gelar Peringatan Maulid Nabi dan Bulan Bahasa

Share it
Pembacaan Maulid Nabi oleh tim hadroh SMAHA

SMA Islam Hidayatullah menggelar peringatan Maulid Nabi dan bulan bahasa 2020, pada hari Selasa, 3 November 2020 secara virtual melalui zoom meeting. Peserta dari kegiatan ini ialah seluruh siswa, guru, dan karyawan SMA Islam Hidayatullah. Dengan mengangkat tema “Dakwah Nabi dalam Mempersatukan Umat”.

 Acara dibuka dengan pembacaan maulid nabi yang diiringi tim hadroh SMAHA; pembacaan ayat suci Al Quran oleh Sakhi S (XI MIPA 1) dan Zhafira A (XI MIPA 2); sambutan kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih S.Pd.; tausiyah oleh Habib Muhammad bin Farid Al Muthohar; ice breaking oleh Bapak Bahtiar Rifa’i, S.Pd.; parade pantun; dan pembacaan penghargaan dan duta literasi SMAHA periode 1 oleh Ibu Annisa Erwindani, S.Pd.

Tausiyah oleh Habib Muhammad bin Farid Al Muthohar.

Banyak sekali hal-hal yang disampaikan oleh Habib Muhammad mengenai sejarah nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ dalam menyampaikan dakwahnya. “Agama Islam ialah agama yang erat kaitannya dengan Arab. Bahasa yang paling sempurna ialah bahasa Arab, karena Al Quran ditulis menggunakan bahasa Arab, di surga pun juga menggunakan bahasa Arab. Allah menurunkan nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ di Arab pun ada alasannya, yaitu karena bangsa Arab di kala itu memiliki sifat yang keras. Jadi, di situlah tantangan nabi Muhammad  Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ dalam menyampaikan dakwahnya untuk mempersatukan umat.”, tutur Habib Muhammad.

Pemutaran video parade pantun oleh siswa/siswi SMAHA dan didampingi oleh wali kelas dan pendamping wali kelas.

Untuk bulan bahasa, acara diisi dengan menampilkan parade pantun yang sudah dibuat oleh tiap kelas. Setiap kelas menampilkan video pembacaan pantun yang sesuai ciri khas provinsi yang ada di Indonesia, seperti Sumatera, Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan beberapa provinsi lainnya. Selain itu, ada lomba syiart, yaitu gabungan antara syiar dan seni (art) tiap kelas yang dimulai dari tanggal 19 Oktober-10 November 2020.

Penobatan duta literasi SMAHA periode semseter gasal tahun pelajaran 2020/2021

Acara ditutup dengan pembacaan penghargaan dan duta literasi SMAHA periode 1 tahun pelajaran 2020/2021. Siswa yang mendapat penghargaan ialah mereka yang memenuhi kedua aspek penilaian, yaitu keaktifan dalam melaksanakan literasi harian dan nilai saat presentasi literasi yang dilakukan seriap bulannya bersama wali kelas dan pendamping wali kelas. Setiap jenjang kelas dipilih tiga siswa yang mendapatkan penghargaan berupa pulsa. Untuk kelas X, juara 1 diperoleh Najima (X MPA 2), juara 2 Fayyadh M.H (X MIPA 1), dan juara 3 M. Raffi (X MIPA 1). Untuk kelas XI, juara 1 diperoleh M. Fakhri A (XI MIPA 1), juara 2 Kevin D (XI MIPA 1), dan juara 3 Maharani A (XI IPS 2). Untuk kelas XII juara 1 diperoleh Azka D (XII MIPA 2), juara 2 M. Yassar (XII MIPA 1), dan juara 3 Widya P (XII IPS 1). Sedangkan untuk duta literasi putra, yaitu M. Fakhri A (XI MIPA 1) dan duta literasi putri, yaitu Najima (X MIPA 2). Selamat kepada para siswa yang mendapatkan penghargaan dan terpilih menjadi duta literasi. Semoga kalian dapat memotivasi teman-teman yang lain untuk lebih giat lagi dalam literasi. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!