SMAHA Entrepreneurship: Berani Merintis Usaha? Yuk, Siapa Takut…

Share it

Sejumlah siswa SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) yang tergabung dalam ekstrakulikuler kewirausahaan mendapatkan pembekalan keterampilan berwirausaha dari Bapak Umar Toha, M.B.A. Beliau merupakan ketua yayasan Abul Yatama, sekaligus pemilik percetakan buku Toha Putra dan berbagai bisnis lainnya. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 3 Agustus 2021 ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting.

“Di era ini, kita harus mulai membekali diri dengan keterampilan berwirausaha. Karena semakin lama, jumlah penduduk semakin banyak dan jumlah lapangan pekerjaan semakin sedikit. Hal tersebut sesuai dengan salah satu hadits yang memiliki arti ‘sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan’”, tutur Bapak Umar.

Penjelasan Bapak Umar meneganai pentingnya berwirausaha

Bapak Umar menceritakan banyak mengenai perjalanan beliau dalam merintis usaha. Beliau juga selalu memotivasi para peserta kegiatan agar bisa menjadi pengusaha sukses dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. 

Ada beberapa tips yang dibagikan oleh Bapak Umar bagi siswa/siswi yang ingin membuka usaha, namun bingung dengan jenis usaha yang akan dijalani dan bingung mengenai modal awal. Menurut beliau, siswa dapat menjalani jenis usaha yang sesuai hobi maupun passion yang dimiliki; join dengan teman yang memiliki satu frekuensi; serta join dengan organisasi pengusaha. Beliau juga memberi tips kepada para peserta kegiatan agar menjadi pengusaha Islam yang sukses, yaitu dengan cara “4 Disiplin Sukses”, yang meliputi disiplin diri, disiplim umat, disipin bisnis, dan disiplin keuangan.

Kegiatan ditutup dengan tanya jawab antara Bapak Umar dan peserta kegiatan. Salah satu peserta yaitu Firmansyah Toni (XI IPS 1) menanyakan apabila ingin mulai merintis usaha, sebaiknya merintis sendiri atau bekerjasama dengan teman yang sefrekuensi. “Merintis usaha sendiri maupun bekerjasama dengan teman sefrekuensi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masung-masing. Maka dari itu, kita harus tahu cara mana yang tepat kita gunakan untuk usaha kita”, jawab Bapak Umar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!