SMAHA Bermusahabah di Tahun Baru Hijriah

Share it

Tahun baru Islam atau tahun baru Hijriah, merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam. Banyak sekali hikmah yang dapat kita petik dari peristiwa penting tersebut. Antara lain hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, bentuk perjuangan nabi Muhammad dan para sahabatnya, serta introspeksi diri. 

Untuk memperingati momen penting tersebut, SMA Islam Hidayatullah mengadakan kajian dengan tema “Sudahkah Kita Berhijrah?” pada Senin, 24 Agustus 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting dan live streaming YouTube. Kajian ini diisi oleh KH. Drs. Aminudin, M.SI., kadiv QLC (Qur’an Learning Center) Hidayatullah dan diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan orang tua  SMA Islam Hidayatullah.

Tujuan kegiatan ini adalah agar kita semua mampu merenungi apa yang sudah kita lakukan di tahun sebelumnya dan apa yang akan kita lakukan di tahun baru ini, bermusahabah, serta berhijrah dari hal yang buruk menjadi baik, maupun dari yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. 

Kepala SMA Islam Hidayatullah menyampaikan sambutan.

“Semoga siswa/siswi serta kita semua mampu memaknai tahun baru Hijriah, agar bisa mengintrospeksi diri serta melakukan perubahan-perubahan yang baik.”, tutur Kepala SMA Islam Hidayatullah, Etik Ningsih, S.Pd.

KH. Drs. Aminudin, M.SI., menyampaikan tausiyah.

“Sebaik-baik umat adalah dia yang mampu memberi manfaat untuk orang lain. Setiap waktu yang Allah berikan kepada kita sangatlah berarti. Maka dari itu, kita harus mengisi waktu tersebut dengan amalan. Orang yang celaka adalah orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin. Maka dari itu, kita harus mengikuti salah satu hal yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, yaitu berhijrah. Dengan berhijrah, kita mampu mengembangkan potensi maupun kualitas diri dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Selain itu, kita harus selalu bertakwa kepada Allah SWT dengan menjauhi larangannya dan menjalankan perintahnya.”, tutur KH. Drs. Aminudin, M.SI.

Alicia, siswi kelas XI IPS 2 menuturkan, “Melalui kajian ini, saya bisa lebih memaknai tahun baru Hijriah. Selain itu, saya lebih bersemangat untuk memperbaiki diri dengan cara memperbaiki sholat, membersihkan hati, membantu orang lain, dan lain sebagainya.”

KH. Drs. Aminudin, M.SI., juga memberikan pesan kepada seluruh siswa SMA Islam Hidayatullah agar tetap semangat belajar di masa pandemi. Karena dengan ilmu, kita semua akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

Kegiatan ini ditutup oleh waka Kurikulum, Taufik Nur Hidayat, S.Pd., dengan membacakan data siswa berprestasi tingkat paralel tahun pelajaran 2019/2020. Siswa berprestasi tersebut antara lain: 

  • kelas X jurusan MIPA: peringkat 1 diraih oleh Muhammad Fakhri (X MIPA 1), peringkat 2 diraih oleh Kevin Awandi B (X MIPA 1), dan peringkat 3 diraih oleh Faisal Akbar (X MIPA 1).
  • kelas X jurusan IPS: peringkat 1 diraih oleh Shabrina Rifdah G (X IPS 2), peringkat 2 diraih oleh Arya Safa Maryam K (X IPS 2), dan peringkat 3 diraih oleh Kanada Safrina M (X IPS 2).
  • kelas XI jurusan MIPA: peringkat 1 diraih oleh Abdul Hakim (XI MIPA 1), peringkat 2 diraih oleh Breidiya Gifarellham (XI MIPA 1), dan peringkat 3 diraih oleh Asia Dewi S (XI MIPA 2).
  • kelas XI jurusan IPS: peringkat 1 diraih oleh Widya Permana (XI IPS 1), Zulfatul Jannah (XI IPS 2), dan peringkat 3 diraih oleh Inez Danica A (XI IPS 2).

Selamat kepada siswa/siswi berprestasi. Semoga dengan adanya informasi juara paralel tiap jurusan dan tiap tingkat dapat memberikan semangat dan motivasi siswa/siswi yang lain untuk belajar lebih giat lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!