SMAHA adakan Sosialisai Pembiasaan Prokes untuk Persiapan PTM

Share it

SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) terus mengadakan persiapan untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Persiapan-persiapan tersebut antara lain pembentukan tim satgas Covid-19 di sekolah, yang sudah dilaksanakan pada Januari 2021; koordinasi penyelenggaraan PTM, yang sudah dilaksanakan awal April 2021; dan yang terlaksana hari ini (Jumat, 16 April 2021) adalah sosialisasi pembiasaan prokes. 

Kegiatan sosialisasi pembiasaan prokes ini dilaksanakan secara virtual, melalui zoom meeting. Seluruh guru, karyawan, serta siswa kelas X dan XI SMAHA mengikuti kegiatan ini.

Sambutan waka kesiswaan SMAHA, Bapak Taufik Nur Hidayat, S.Pd.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan seputar kebiasaan-kebiasaan baru yang harus diterapkan saat PTM. Ini adalah salah satu ikhtiyar kita agar virus covid-19 tidak tersebar luas.”, tutur wakil kepala bidang kurikulum, Bapak Taufik Nur Hidayat, S.Pd., saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Narasumber di kegiatan ini ialah dosen FIK Unisula yang sekaligus menjabat sebagai sekretaris team Task Force pandawa Covid-19 Unisula. Beliau adalah Ibu Wahyu Endang Setyowati, S.KM., M.Kep., atau yang lebih akrab disapa Bunda Endang. Di awal, bunda Endang mengadakan prestest kepada beberapa siswa, guna untuk mengetahui sejauh mana persiapan siswa untuk PTM. Beberapa siswa menyampaikan bahwa harus menggunakan masker, membawa handsanitizer, membawa helm sendiri apabila naik kendaraan umum, dan tidak bersentuhan dengan orang lain.

Pemaparan materi oleh Ibu Wahyu Endang Setyowati, S.KM., M.Kep.

Banyak sekali ilmu yang diberikan Bunda Endang untuk menambah kesiapan PTM untuk seluruh warga SMAHA. Baik gagasan sekolah tatap muka, alasan mengapa harus dilaksanakan PTM, kelebihan PTM, apa saja yang harus dipersiapkan sekolah dan warga sekolah untuk PTM, pembiasaan protokol kesehatan,  kebiasaan-kebiasaan baru saat PTM, dan tips selama PTM.

Adapun tips yang diberikan bunda Endang antara lain, ketika pulang sekolah harus langsung mandi; ketika di kelas, semua jendela dan pintu lebih baik dibuka agar sirkulasi udara lancar; ketika naik mobil, pastikan kaca tidak tertutup penuh; dan ketika di sekolah, diusahakan jangan bersentuhan dengan orang lain.

“Memang banyak sekali aturan saat PTM diterapkan. Namun, aturan tersebut dilaksanakan demi kebaikan bersama. Kita ikuti saja manajemen dari pemerintah dan sekolah demi mewujudkan PTM yang lancar dan terhindar dari virus Covid-19. Lakukanlah semua dengan semangat dan happy”, tambah Bunda Endang saat menyampaikan materi.

Kegiatan ini ditutup dengan tanya jawab dan kuis antara siswa dan bunda Endang seputar prokes selama PTM.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!