Sambut Ramadhan, Rohis SMAHA Gelar Targhib Ramadhan

Share it
Pemutaran video sejarah puasa ramadhan karya Rohis SMAHA

Untuk menyambut bulan puasa ramadhan 1442 H, Rohis SMAHA gelar kegiatan Targhib Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 9 April 2021 secara virtual melalui zoom meeting. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu, “Sambut Keberkahan, Raih Kemuliaan Ramadhan dengan Hati yang Ikhlas”. 

Kegiatan ini diawali dengan membaca dzikir pagi bersama yang dipimpin oleh Sakhi Setya P (XI MIPA 1) dan tilawah Quran yang dilantunkan oleh Annisa Dini (X MIPA 2).

Kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., menyampaikan sambutannya.

“Kita hendaknya bergembira untuk menyambut bulan Ramadhan. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjajikan pahala yang berlipat ganda. Kita harus memiliki persiapan fisik dan mental dalam menyambut ramadhan. Bulan Ramadhan juga disebut sebagai bulan sabar, karena kita menahan hawa nafsu yaitu haus, lapar, dan amarah. Mari kita sambut bulan suci ramadhan dengan saling memaafkan”, tutur kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd.

Di acara inti, tim ROHIS SMAHA mempersembahkan hasil karya mereka berupa video singkat. Video tersebut berisikan tentang sejarah singkat puasa, niat puasa, doa berbuka puasa, tips khatam Al Quran di bulan Ramadhan, serta peristiwa penting di bulan Ramadhan. 

Sejarah singkat terjadinya puasa adalah ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam berpuasa di bulan Asyura. Maka dari itu Rasul memerintahkan orang untuk berpuasa. Pada zaman dahulu, barang siapa yang mau berpuasa maka diperbolehkan berpuasa, begitu pula sebaliknya. Pada tahun ke dua hijriyah, pada malam kedua sya’ban, Allah Subhanahu Wataala mewajibkan umat muslim untuk berpuasa. Hal tersebut tercantum di QS Al Baqarah-183. 

Adapun tips mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan yaitu niat, membuat target, atur waktu untuk mencapai target khatam. Sedangkan peristiwa penting di bulan Ramadhan antara lain Nuzulul Quran, perang Badar, penaklukan kota Mekkah, dan Lailatul Qadar.

Subhanallah betapa istimewanya bulan Ramadhan. Maka dari itu kita harus menyambutnya dengan penuh semangat.

Kuis yang diadakan Rohis SMAHA menggunakan aplikasi Quiziz

Kegiatan tarhib Ramadhan ini ditutup dengan kuis yang diadakan oleh Rohis SMAHA melalui aplikasi Quiziz. Para peserta terlihat sangat antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di kuis tersebut. Selamat kepada Kevin Awandi (XI MIPA 1), Fasya Qaurida (XI MIPA 2), dan  Annisa Dini (X MIPA 2) yang berhasil memenangkan kuis dan berhak mendapatkan pulsa senilai Rp 50.000.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!