Rohis SMAHA: Tebarkan Ukhuwah melalui Dakwah

Share it
Penyampaian materi dakwah

Dalam rangka menebar kebaikan di bulan Ramadhan, Rohis SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) memiliki berbagai macam kegiatan rutin tahunan, salah satunya adalah Kafilah Dakwah.

Pembina Rohis SMAHA, Bapak Nur Huda, S.Pd.I menuturkan, “Tujuan dari Kafilah Dakwah ini adalah memberikan pemahaman yang benar tentang makna Ramadhan yaitu sebagai wadah untuk selalu meningkatkan kualitas keimanan, menumbuhkan rasa ukhuwah islamiyah yang tinggi, serta syiar SMAHA kepada masyarakat sekitar. Semoga kegiatan ini bisa menjadi pembiasaan baik bagi siswa SMAHA.”

Dalam Kafilah Dakwah tahun ini, Rohis SMAHA mengangkat tema, “Semangat Dakwah, Menebar Ukhuwah”. Dikarenakan masih dalam kondisi pandemi, kegiatan Kafilah Dakwah kali ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi online yang diikuti oleh SMP Islam Hidayatullah dan sesi offline yang diikuti oleh TPQ Al Khoir Sendang mulyo, TPQ At Taqwa SBI Banyumanik, dan TPQ Al Ukhuwah (Pudak Payung) dari hari Senin (26/4/21)–Rabu (28/4/21).

Kegiatan Kafilah Dakwah secara offline melalui zoom meeting.

Kegiatan kafilah dakwah secara online di SMP Islam Hidayatullah dilakukan pada jam KBM melalui applikasi Zoom Meeting. Kegiatan dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan pembacaan lantunan ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan oleh pengurus Rohis SMAHA. Di kegiatan inti, pengurus Rohis SMAHA menyampaikan materi tentang keutamaan Bulan Ramadhan. Dalam sesi ini, para siswa SMP Islam Hidayatullah menanggapi dengan penuh semangat. Kegiatan ini ditutup dengan kuis berhadiah. Sebanyak tiga siswa dapat menjawab kuis dengan baik dan benar, serta mendapatkan hadiah dari Rohis SMAHA. 

Rohis SMAHA mengajak para peserta kegiatan untuk bermain game. game

Sedangkan untuk kegiatan kafilah dakwah di TPQ dilakukan secara offline. Tak lupa para panitia Rohis SMAHA dan seluruh peserta kegiatan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan dimulai dengan pembukaan, kemudian pengurus Rohis Smaha menyamaikan materi sembari mengajak bermain seluruh santri. Tidak lupa juga diberikan hadiah bagi  santri yang bisa menebak kuis yang diberikan oleh Rohis SMAHA. Di penghujung kegiatan, Rohis SMAHA membagikan takjil untuk seluruh santri sebagai penyemangat mereka agar selalu cinta terhada Ramadhan dan semangat beribadah di bulan yang mulia ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!