PGOTW: DEKATKAN SEKOLAH DAN ORANG TUA

Share it

Diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang sesuai keinginan merupakan dambaan setiap siswa. Untuk mewujudkan hal tersebut, banyak faktor yang harus dipenuhi. Salah satunya yaitu perlu adanya komunikasi dan kerjasama di antara orang tua/wali murid, siswa, serta guru.

SMA Islam Hidayatullah Semarang mengadakan kegiatan rutin PGOTW (Pertemuan Guru dan Orang Tua/Wali) kelas XII secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Acara ini diadakan pada Sabtu, 15 Agustus 2020. PGOTW kali ini diadakan untuk orang tua/wali murid kelas XII. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama untuk orang tua/wali murid kelas XII MIPA. Sedangkan sesi kedua untuk orang tua/wali murid kels XII IPS.

PGOTW (Pertemuan Guru dan Orang Tua/Wali) Virtual Kelas XII menggunakan platform Zoom Meeting.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan. Kemudian pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh ananda Ardhi Muharram (kelas XII MIPA 1) dan ananda Nasywa Nadia (kelas XII IPS 2).  Sambutan kepala SMA, Etik Ningsih S.Pd., dilanjutkan pengenalan para wali kelas dan pendamping wali kelas XII MIPA dan IPS. Kemudian sosialisasi program sekolah  untuk kelas XII, oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Tufik Nur H, S.Pd., dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Sri Widayati, S.Pd.

Banyak sekali program yang diadakan SMA Islam Hidayatullah untuk mendukung studi lanjut siswa/siswi kelas XII. Di antaranya adalah program HBE (High Based Education), yang memberikan informasi, rekomendasi, dan arahan pilihan studi lanjut berdasarkan bakat, minat, potensi, dan prestasi; pendampingan pemilihan jurusan oleh guru BK, serta psikotest penjurusan perguruan tinggi yang sudah dilaksanakan pada 10-13 Agustus 2020.

Etik Ningsih, S.Pd., Kepala SMA Islam Hidayatullah, saat menyampaikan sambutan

“Alhamdulillah di tahun ini banyak siswa/siswi kelas XII angkatan 2019/2020 yang diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Siswa-siswi tersebut diterima di UNDIP, UNNES, Polinnes, dan Poltekkes. Untuk itu, kami menggandeng orang tua/wali murid untuk memajukan serta membantu keberhasilan belajar siswa agar siswa angkatan tahun ini dapat juga diterima di PTN yang diinginkan”, tutur kepala SMA Islam Hidayatullah, Etik Ningsih, S.Pd.

Di sesi akhir, diadakan tanya jawab dan sharing mengenai kegiatan pembelajaran selama PJJ dan hal seputar SNMPTN maupun SBMPTN. Banyak sekali pertanyaan yang disampaikan oleh orang tua/wali murid. Salah satunya adalah, “Hasil evaluasi psikotest dari tahun ke tahun apakah sudah matching antara keinginan siswa, guru, dan orang tua?”, tanya Wahyu Endang, orang tua siswa kelas XII IPS 2.

Orang tua/wali murid kelas XII mengikuti acara PGOTW secara virtual

“Beberapa hasil sudah sesuai, dan ada beberapa yang tidak sesuai. Maka dari itu, kami berharap kerja sama orang tua/wali untuk membantu keberhasilan siswa dalam memilih PTN yang sesuai bakat, minat, potensi, dan prestasi.”, tutur wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Sri Widayati, S.Pd.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!