Parenting Bersama dr. Aisah Dahlan, CHt.

Share it

Pandemi Covid-19 telah mengubah segalanya, termasuk pada peran orang tua dalam pendidikan anak. Sekolah yang selama ini tidak begitu melibatkan orang tua dalam proses pendidikan anak, kini mulai berbenah. Maka dari itu, SMA Islam Hidayatullah mengadakan kegiatan parenting pada hari Sabtu, 14 November 2020. Kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui zoom meeting dan disiarkan langsung dari kanal YouTube SMA Islam Hidayatullah. 

Tema dalam dalam kegiatan ini ialah “Peran Orang Tua Mendampingi Remaja di Era Pandemi.” dr. Aisah Dahlan, CHt, sebagai pemateri dalam kegiatan ini mengatakan bahwa peran ayah dan ibu sangat berbeda dalam mendidik anak. Ayah harus memiliki peran yang tegas, namun tegas bukan berarti kasar. Sedangkan ibu harus berperan lemah lembut.

Pemaparan materi oleh dr. Aisah Dahlan, CHt.

“Sekolah dan rumah merupakan dua tempat yang sangat berpengaruh terhadap anak. Namun, rumah lebih utama daripada sekolah. Sekolah hanya sebagai penunjang. Orang tua juga harus memiliki sifat yang lemah lembut terhadap anak, agar mereka dekat kepada kita. Apabila anak berbuat salah kepada kita, alangkah baiknya jangan bersikap keras ke anak. Namun, maafkanlah dan mintakan lah ampun kepada Allah kesalahan anak tersebut.”

Beliau juga menyampaikan banyak materi, antara lain hal-hal yang bisa dilakukan orang tua di tengah realita remaja sekarang yaitu dengan cara 1) mengajarkan anak memiliki rasa tanggung jawab; 2) melatih anak untuk mencari nafkah, karena kelak anak terutama anak laki-laki akan menjadi kepala keluarga dan memberikan nafkah kepada keluarganya; 3) melatih anak untuk berorganisasi; 4) memberi pendidikan untuk memiliki sifat berani dan tegas.

Kegiatan ini ditutup dengan tanya jawab antara peserta parenting dengan dr. Aisah Dahlan, 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!