Latihan Dasar Kepemimpinan dan Penyusunan Program Kerja PMR SMAHA

Share it
Kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara.

SMA Islam Hidayatullah Semarang mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Penyusunan Program Kerja (Proker) bagi anggota Palang Merah Remaja (PMR) SMAHA masa bakti 2020-2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Oktober 2020 secara virtual melalui zoom meeting. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal pendidikan leadership kepada para pengurus PMR SMAHA agar  mampu memanajemen organisasi dengan baik, sehingga mampu melahirkan program kerja yang kreatif dan solutif.

Susunan acara pada kegiatan ini ialah pembukaan; pembacaan ayat suci Al Quran oleh Ainul Husna (XI MIPA 2); sambutan kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd.; pemaparan materi mengenai PMR oleh saudari Jihan  Irbah Triani, KSR PMI unit Universitas Diponegoro; pemaparan program kerja PMR oleh ketua PMR periode 2020/2021, Syahda Shofwa (XI MIPA 2); pemaparan materi oleh pembina PMR, Bapak Kusaeri, M.Si.; tanya jawab; dan penutup.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para anggota PMR SMAHA dapat mengetahui sejarah PMR. Selain itu, dapat mengetahui cara menangani permasalahan di bidang kesehatan dan meningkatkan jiwa sosial, karena PMR identik dengan membantu sesama. Saya juga mengharapkan melalui organisasi akan meningkatkan jiwa korsa siswa di Hidayatullah. Pesan saya, program kerja yang dirancang itu harus kreatif, inovatif, dan produktif. Selain itu siswa juga harus kompak.”, tutur ibu Etik Ningsih, S.Pd., saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara.

Penyampaian materi oleh saudari Jihan, perwakilan dari KSR PMI unit Universitas a Diponegoro

Di acara inti, banyak sekali materi yang disampaikan oleh saudari Jihan seputar PMR, seperti manajemen PMR, susunan organisasi PMR, lomba rutin yang diadakan oleh PMR, dan masih banyak lagi. Para peserta memperhatikan dengan seksama materi-materi yang disampaikan. Setelah seluruh materi tersampaikan, acara dilanjutkan dengan pemaparan program kerja dan tugas-tugas setiap anggota PMR.

Penyusunan program kerja PMR SMAHA masa bakti 2020/2021 yang dipimpin oleh pembina PMR SMAHA, Bapak Kusaeri, M,Si.

Bapak Kusaeri, M.Si., selaku pembina PMR SMAHA menyampaikan mengenai program kerja PMR SMAHA yang rutin dilaksanakan setiap tahun, yaitu donor darah. Tetapi, karena masih dalam masa pandemi Covid-19 ini, beliau meminta para anggota PMR SMAHA  untuk menyiasati program tersebut dengan program lain, yaitu dengan menekankan sisi humanisme misalnya pertolongan pertama, sigap kebersihan, dan siaga kepada bencana. Beliau juga menyampaikan Tri Bakti PMR yaitu harus meningkatkan keterampilan hidup sehat; berkarya dan berbakti di masyarakat; dan mempererat persahabatan Nasional dan Internasional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!