Latihan Dasar Kepemimpinan ASKAR SMAHA

Share it

Askar merupakan salah satu organisasi siswa yang ada di SMA Islam Hidayatullah. Tugas anggota Askar ialah membantu sekolah dalam mendisiplinkan siswa terutama dalam hal ibadah di sekolah. Latar belakang terbentuknya Askar ialah terinspirasi dari tim Askar yang bertugas memimpin kedisiplinan ibadah di Mekkah.

Masa kerja anggota Askar yakni 1 tahun pelajaran. Jadi, setiap tahunnya diadakan re-organisasi. Pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 diadakan pemilihan, serah terima, dan pelantikan anggota Askar secara virtual, melalui zoom meeting. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih tiga jam dan diikuti oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pembina Askar, bapak/ibu guru, seluruh anggota Askar periode 2019/2020, dan anggota Askar periode 2020/2021. 

Pembacaan ayat suci Al Quran oleh Abdul Hakim kelas XII MIPA 1

Susunan acara dalam kegiatan ini ialah pembukaan; pembacaan ayat suci Al quran oleh Abdul Hakim (XII MIPA 1) dan sari tilawah oleh Aisya Nabila (XII MIPA 2); kepala sekolah SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd. ; penguatan karakter oleh Pak Bahtiar Rifai, S.Pd., serta pemaparan materi mengenai Askar dari alumni SMAHA sekaligus mantan pengurus Askar yaitu Ahmad Naufal dan Khansa Aisyah; menyanyikan mars Askar; pemilihan ketua askar putra dan putri; serah terima jabatan ketua Askar; pelantikan; dan penutup.

“Terima kasih kepada seluruh pengurus Askar periode 2019/2020 yang telah mengemban amanah dengan baik dan selamat mengemban amanah untuk anggota askar periode 2020/2021. Anggota askar diibaratkan tentara di sekolah. Tujuan  dibentuknya askar yaitu diharapkan tim askar dapat membantu sekolah dalam hal kedisiplinan dalam ibadah di sekolah (Dzhuhur dan Azhar). Tugas kita sebagai manusia senantiasa menasihati dalam kebaikan. Askar merupakan tim yang sekolah harapkan dapat membantu kedisiplinan dlm ibadah. Dalam masa pandemi, tim askar tugasnya yaitu memberi contoh bagi teman-teman dalam kedisiplinan saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).”, tutur Ibu Etik Ningsih, S.Pd., saat menyampaikan sambutannya.

Ahmad Naufal sedikit membagikan riwayat pendidikannya.

Ahmad Naufal menuturkan bahwa integritas dan kejujuran itu hampir mirip, artinya ketika kita komitmen mencari nilai, norma, peraturan sekolah dengan komitmen. Karakter dibentuk sesuai agama. Jadi Askar bisa sebagai contoh untuk siswa/siswi lain dan sebagai tangan kanan sekolah dalam mewujudkan kedisiplinan. 

Pemilihan ketua Askar dipimpin langsung oleh pembina Askar, yaitu Ibu Dwi Agustin. Kandidat ketua putra dalam pemilihan tersebut ialah Muhammad Fakhri (XI MIPA 1), Athar Rizki (XI IPS 1). Sedangkan kandidat ketua putri ialah Akmalia K (XI MIPA 2) dan Talitha F ( XI IPS 2). Dari hasil voting yang dilakukan melalui Google form, suara ketua putra terbanyak didapatkan oleh Muhammad Fakhri (XI MIPA 1) dan suara ketua putri terbanyak didapatkan oleh Akmalia K (XI MIPA 2).

Serah terima jabatan oleh Rizaldi (XII IPS 1) kepada Muhammad Fakhri (XI MIPA 1)

Setelah pemilihan ketua Askar putra dan putri selesai, dilanjutkan serah terima jabatan dari Muhammad Rizaldi (XII IPS 1) ketua Askar periode 2019/2020 kepada Muhammad Fakhri (XI MIPA 1) ketua Askar periode 2020/2021. Acara dilanjutkan pelantikan anggota Askar baru oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Ibu Sri Widayati, S.Pd. Seluruh anggota Askar mengikuti dengan khidmat.

Ketua Askar periode 2020/2021 menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih

“Terima kasih kepada bapak/ibu guru dan teman-teman yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya. Saya mohon dukungan dari teman-teman serta bimbingan dari pembina Askar maupun bapak/ibu guru lainnya.”, tutur Fakhri ketua Askar periode 2020/2021.

Selamat kepada ketua Askar dan seluruh anggota Askar periode 2020/2021. Semoga kalian bisa mengemban amanah dengan baik dan bisa menjadi contoh teladan yang baik bagi siswa/siswi SMAHA lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!