Kobarkan Semangat Sholat dengan Peringatan Isra Mi’raj

Share it

Untuk memperingati Isra Mi’raj, SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) mengadakan kegiatan secara virtual melalui zoom meeting. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, 10 Maret 2020 / 27 Rajab 1442 ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru SMAHA.

Kegiatan yang digawangi oleh ROHIS SMAHA, di bawah bimbingan Bapak Huda, S.Pd.I ini mengusung tema “Mengobarkan Semangat Meraih Kesempurnaan Sholat”.

Kegiatan diawali dengan dzikir pagi bersama yang dipimpin oleh ananda Faiq Ihsannudin (XI MIPA 1). Ramya Aurora (XI IPS 2) selaku pembawa acara dalam kegiatan ini mengajak seluruh peserta membuka kegiatan dengan membaca basmallah. 

Lantunan ayat suci Al Quran yang dibacakan oleh ananda Sakhi (XI MIPA 1) serta sari tilawah yang dibacakan oleh ananda Marvelia Nabila (XI MIPA 2) menambah kekhidmatan peringatan Isra Mi’raj ini. 

Ibu Etik Ningsih, S.Pd., saat menyampaikan sambutannya

Dalam sambutannya, kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih S.Pd., menuturkan, “Hari ini merupakan peringatan Isra Mi’raj yang menjadi momentum dimana Nabi Muhammad  ﷺ diutus oleh Allah dari Mekkah ke Palestina kemudian menembus langit tertinggi. Nabi Muhammadﷺ   mendapat perintah berupa sholat lima waktu. Sholat merupakan tiang agama, apabila sholat tidak dilaksanakan, maka sama halnya kita tidak mendirikan agama. Janganlah yang penting sholat, tapi menghayati bahwa sholat itu merupakan sesuatu yang penting”.

Ibu Etik juga mengajak para peserta kegiatan, melalui momentum yang baik ini untuk sama-sama memperbaiki ibadah serta senantiasa bisa meneladani Nabi Muhammadﷺ.

Pemutaran video animasi yang berisi sejarah Isra Mi’raj, karya ROHIS SMAHA.

Pada acara inti, ditampilkan video animasi hasil karya ROHIS SMAHA yang berisikan sejarah singkat mengenai Isra Mi’raj. Dalam video tersebut dijelaskan secara rinci perjalanan Nabi Muhammadﷺ  dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsal hingga naik ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh dalam satu malam. Selain itu, di video tersebut juga diceritakan ketika Nabi Muhammadﷺ mendapat perintah sholat 50 waktu salam satu hari. Namun, ketika menerumanya, Nabi Muhammad ﷺ diperingatkan oleh Nabi Musa untuk memperlihatkan kemampuan umatnya. Maka saat itu, Nabi Muhammadﷺ meminta keringanan pada Allah sehingga perintah sholat menjadi lima waktu dalam sehari.

Kegiatan ini ditutup dengan pemutaran video oleh ROHIS SMAHA yang berisi pesan untuk melaksanakan sholat lima waktu.

“Menurut saya acara isra miraj tadi pagi sudah cukup untuk meggerakkan hati saya untuk lebih rajin dalam menjalankan sholat 5 waktu. Tontonan yang disuguhkan sangat menarik, animasinya bagus dan dubbing suaranya juga enak didengar. Pembawa acara yang membawakan acara juga sangat ceria sehingga membuat acara lebih menarik dan terasa menyenangkan”, pendapat Rania Lintang (X IPS 2).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!