Dengan “Upgrading Session,” Guru Siap Action!

Share it

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah alternatif yang dipilih dalam masa pandemi Covid-19 ini oleh SMA Islam Hidayatullah Semarang. Tentu saja PJJ berbasis Apple Education Program, dimana setiap guru dan peserta didik melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media iPad.

Untuk menunjang kompetensi guru, SMA Islam Hidayatullah Semarang mengadakan kegiatan pelatihan yaitu” Upgrading Seasson”. Kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh bidang akademik ini dilaksanakan setiap seminggu sekali yang diikuti  oleh guru-guru mata pelajaran. Aneka macam materi atau modul didiskusikan dan bagikan kepada peserta seperti informasi terbaru dari fitur-fitur yang ada pada media iPad, metode dan strategi pembelajaran, dan lain-lain.

Kali pertama memasuki tahun pelajaran 2020/2021 ini, Upgrading Session dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Juli 2020. Pada sesi pelatihan kali ini, para guru meng-upgrade action plan yang sudah dirancang di iTunes U. Dengan menggunakan action plan yang ada di iTunes U tersebut, memudahkan peserta didik belajar dengan fleksibel, baik berkolaborasi maupun personalisasi.

Taufik Nur Hidayat, S.Pd., selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum mengungkapkan, “Upgrading Session ini sangat penting sebagai sarana untuk meng-update kompetensi guru. Terlebih sebagai sekolah digital yang tidak bisa terlepas dari teknologi sebagai basis pembelajaran. Guru dituntut piawai dan siap action dalam menggunakan bermacam platform digital yang selalu berkembang. Sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para guru dalam mengembangkan keterampilan guna meningkatkan kualitas mengajar.

“Saya merasa senang dengan adanya kegiatan Upgrading Session ini. Selain menambah kompetensi, kami juga bisa saling bertukar pengalaman mengajar sehingga bertambah pula ide-ide strategi mengajar yang bisa kami terapkan,” tutur Ririn Windasari, S.Pd. guru mata pelajaran Matematika.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!