Pertumbuhan ekonomi suatu negara menjadi kunci peningkatan kemakmuran rakyatnya. Berbagai upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi ini perlu dikembangkan. Salah satu potensi besar saat ini adalah pemanfaatan tehnologi dalam bidang ekonomi yang dikenal dengan istilah ekonomi digital. Ekonomi digital merupakan salah satu fenomena yang semakin berkembang pesat di era globalisasi saat ini. Hal ini ditandai dengan meningkatnya penggunaan teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang ekonomi.
Ekonomi digital ini harus dipelajari sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan generasi muda agar dapat memahami dan memanfaatkan ekonomi digital secara optimal. Agar pembelajaran ekonomi digital menjadi efektif haruslah dilakukan dengan cara yang kontekstual, yaitu dengan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata.
Pembelajaran ekonomi digital yang kontekstual memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
- Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ekonomi digital. Siswa akan lebih mudah memahami materi ekonomi digital jika dikaitkan dengan pengalaman dan pengetahuan yang mereka miliki.
- Mendorong siswa untuk berpikir kritis (critical thinking) dan kreatif (creativity). Siswa akan lebih termotivasi untuk berpikir kritis dan kreatif jika mereka merasa materi yang mereka pelajari relevan dengan kehidupan mereka.
- Meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah. Siswa akan lebih terampil dalam memecahkan masalah jika mereka memiliki pemahaman yang baik tentang konsep-konsep ekonomi digital.
Berdasarkan hal tersebut, desain pembelajaran ekonomi kelas 11-4 di SMA Islam Hidayatullah Semarang tentang ekonomi digital yang dilaksanakan pada Kamis, 4 Januari 2024 ini. Kegiatan pembelajaran diawali dengan apresepsi yang dapat memacu tingkat berpikir kritis (critical thinking) yaitu dengan cara mengajak peserta didik dalam kelompok untuk melaksanakan hal-hal berikut:
- Mempelajari dan menganalisis dalam diskusi kelompok tentang program kerja bidang ekonomi digital dari ke 3 pasangan calon presiden dan wakil presiden tahun 2024.
- Membandingkan dan menilai program ekonomi digital yang terbaik menurut masing-masing kelompok.
- Presentasi kelompok tentang analisis program ekonomi digital
Sebagai pemilih pemula di pemilu 2024 nanti, Tandira menyatakan “ Saya sangat senang dan bersemangat pada pembelajaran ini, karena saya dapat mempelajari program kerja bidang ekonomi digital dari ketiga capres dan cawapres, sehingga membuka wawasan dan menambah pengetahuan untuk memantabkan pilihan capres dan cawapres nanti.”
Desain pembelajaran berikutnya yang disiapkan adalah siswa dalam kelompok akan menggunakan media digital untuk membuat produk atau jasa digital, atau berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi digital lainnya dalam bentuk desain label dan video iklan dan laporan keuangan.
“Semoga pembelajaran yang didesain bermakna ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari, dan bermanfaat untuk masyarakat,” harapan dan doa Bu Wied selaku pengajar dan pembimbing.
Penulis : Sri Widayati, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.
Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.