BERDEMOKRASI DI MASA PANDEMI

Share it
Kepala SMA Islam Hidayatullah menyampaiakan sambutannya.
Kepala SMA Islam Hidayatullah menyampaikan sambutannya.

SMA Islam Hidayatullah mengadakan pemilihan ketua OSIS (Pemilos) periode 2020-2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 21 September 2020. Pemilos ini bertujuan untuk memberikan pendidikan demokrasi kepada para siswa.

Pemilos kali ini berbeda dari pemilos sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang mana pemerintah tidak memperbolehkan adanya kegiatan siswa di sekolah. Maka, pemilos kali ini dilakukan secara virtual melalui zoom meeting.

Kegiatan ini diawali dengan opening ceremony, yang diisi sambutan kepala SMA Islam Hidayatullah. Kemudian sambutan oleh ketua OSIS masa bakti 2019-2020. Dilanjutkan orasi dan penyampaian visi misi oleh kedua paslon OSIS, debat kandidat, tanya jawab oleh guru dan siswa, pemungutan suara, penghitungan suara, serta closing ceremony.

Semoga pemilos virtual ini tidak mengurangi makna berdemokrasi. Dengan mengadakan pemungutan suara yang dilakukan virtual ini, secara tidak langsung kita telah mendukung program pemerintah yaitu Go Green, karena dilakukan dengan cara voting dan tidak memerlukan banyak surat suara. Pemilos ini melatih kalian untuk berdemokrasi, semua harus memilih. Karena suara kalian menentukan masa depan SMAHA.”, tutur kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., saat menyampaikan sambutannya.

Penyampaian visi misi oleh paslon 1
Penyampaian visi misi oleh paslon 2

Kegiatan ini berjalan lancar serta didukung oleh antusias peserta yang baik. Kedua paslon saling mengunggulkan visi misinya serta saling beradu argumen melalui debat yang dipandu oleh moderator. Selain itu, para peserta baik siswa maupun guru melontarkan pertanyaan kepada kedua paslon OSIS tersebut.

Setelah kedua paslon OSIS selesai berdebat dan menjawab pertanyaan dari siswa maupun guru, tibalah ke acara inti yaitu pemungutan suara.  Hal tersebut dilakukan dengan cara voting melalui laman sekolah. Setiap siswa maupun guru diberi kesempatan untuk memilih ketua OSIS. Pembina OSIS dan panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIS memastikan proses demokrasi di sekolah melalui pemilu ketua OSIS dilakukan secara Luber Jurdil (Langsung, Bersih, Rahasia, Jujur dan Adil). 

 Hasil perolehan penghitungan suara pemilihan ketua OSIS disampaikan oleh anggota OSIS masa bakti 2019-2020. Selamat kepada Kevin-Sabrina, paslon nomor 1 yang terpilih sebagai ketua dan wakil OSIS masa bakti 2020-2021. Semoga bisa mengemban amanah dengan baik serta bisa menjadikan SMAHA lebih maju lagi. 

“Menurut saya pelaksanaan Pemilos daring ini lebih efektif, karena perhitungan suara dapat dilakukan lebih cepat dan akurat. Selain itu, Pemilos daring ini sangat ramah lingkungan, karena tidak menggunakan kertas sebagai surat suara.”, tutur Nabila, siswa kelas XI MIPA 2.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!