Asah Ketrampilan Berbahasa Arab lewat Arabic Camp

Share it

Penguasaan bahasa asing sangat penting bagi para milenial. Termasuk Bahasa Arab. Apalagi seiring pesatnya perkembangan pusat studi Islam dan Arab. Tidak hanya dunia Islam saja seperti Timur Tengah, Malaysia, dan Indonesia yang memiliki banyak pusat studi Islam dan Arab, negara-negara barat pun banyak mendirikan studi Islam dan Arab di kampus-kampus mereka. Oleh karena itu, SMA Islam Hidayatullah perlu membekali para siswa keterampilan berbahasa Arab agar mereka memiliki peluang lebih luas untuk melanjutkan studi dan berkontribusi di masyarakat kelak.

Selain pembelajaran Bahasa Arab di kelas, sekolah juga mengadakan pembelajaran diluar kelas. Bekerjasama dengan Program Studi Bahasa Arab Universitas Semarang (UNNES), para siswa kelas X melaksanakan kegiatan pendalaman praktik berbahasa Arab yang dikemas dalam bentuk Arabic Camp. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu 28-29 Januari 2020 bertempat di Graha Wiyata Sekaran, Gunungpati.

Para siswa belajar muhadatsah (percakapan)

Beragam agenda diselenggarakan selama camp, seperti muhadatsah (percakapan), qowaid (tata bahasa), mufrodat (kosa kata), Khitobah (pidato) serta aneka games. Tampak para siswa antusias praktik berdialog menggunakan Bahasa Arab dengan antusias.

Para siswa belajar muhadatsah (percakapan)

Mengutip apa yang disampaikan oleh salah satu nara sumber yaitu Ustad Mahmood Taha Mohammed Naji Saeed dari Yaman bahwa semua bahasa akan binasa kecuali Bahasa Arab karena Allah SWT sendiri yang memilihnya untuk dijadikan kalam-Nya dalam Alqur’an. Selain untuk menyempurnakan ibadah, menggali ilmu-ilmu, Bahasa Arab memiliki peran penting dalam menjalin komunikasi di 28 negara.

Penyerahan plakat kepada perwakilan Prodi Bahasa Arab Unnes

Kepala SMA Islam Hidayatullah Eko Wahyu Diyono, S.Si., M.Pd. menuturkan dalam sambutannya, “Penting sekali bagi anak-anak untuk memiliki ‘added skill’ khususnya bidang bahasa asing. Di era digital ini, ketrampilan menjalin komunikasi dengan warga dunia untuk berkolaborasi harus dikedepankan.” Salah satu peserta Arabic Camp, Khairunnisa kelas X IPS 2 menyampaikan pula, ” Saya senang sekali mengikuti kegiatan ini. Selain menambah skill berbahasa Arab, saya juga semakin paham pentingnya menguasai bahasa ini.”

Penyerahan penghargaan peserta terbaik

Kegiatan semakin menarik karena diujung acara terdapat penyerahan penghargaan peserta dan kelompok terbaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!